Pantau Label Email Lewat RSS (untuk Jurnalis)

by dalimun

Ada sejumlah blog berbagai topik yang saya ikuti. Dua di antaranya adalah milik Tony Hirst dan Martin Hawksey. Menurut saya tulisan mereka cukup menarik, khususnya yang berhubungan dengan teknologi informasi dan pendidikan. Banyak pula tulisan bersifat “how to” yang bisa saya (dan mungkin juga Anda) praktikkan dan modifikasi untuk membantu pekerjaan.

Salah satu yang menarik adalah tulisan Martin yang berjudul Creating a ‘full fat’ RSS feed for Google Gmail labels (enabling some dark social judo). Dia menjelaskan bagaimana cara membuat link RSS dari Label email pribadi Gmail. Tujuannya agar orang lain dapat membaca ringkasan email berlabel tertentu yang masuk ke inbox kita. Lho, bukannya itu mengganggu privasi?

Awalnya saya juga berpikir begitu. Tapi ternyata ada sejumlah fitur pembatasan yang disertakan dalam script buatan Martin. Fitur itu dapat membatasi link mana saja yang dapat ditampilkan, sehingga dalam kasus langganan newsletter misalnya, orang lain yang membaca RSS tersebut tidak bisa melakukan unsubscribe (sengaja maupun tanpa sengaja).

Lalu apa pentingnya menampilkan isi email pribadi untuk publik? Saya sebenarnya belum berpikir ke arah itu, namun saya berpikir bagaimana cara mendapat link RSS dari email yang telah saya filter ke dalam label tertentu. Misalnya saya sering mendapat undangan dan press release dari berbagai perusahaan yang saya kelompokkan dalam label email khusus. Memiliki link RSS dari label itu tentu memudahkan saya memantau email terbaru (dalam sehari saya bisa mendapat belasan hingga puluhan email semacam itu).

Setelah mendapat link RSS tersebut saya pun memasukkannya dalam list url aplikasi pembaca RSS. Selama ini saya menggunakan Newsbeuter sebagai RSS reader di sistem operasi GNU/Linux yang saya pakai di netbook. Meski sederhana namun aplikasi berbasis command line interface itu cukup membantu saya memantau informasi dari sejumlah saluran (tautan RSS) termasuk media online. Shortcut yang digunakan juga mudah diingat, sehingga dari segi waktu lumayan efisien.

Dengan memiliki link RSS dari label email saya dapat memantau isi email tersebut dari Newsbeuter yang diakses dari terminal (konsol). Saya menggunakan Guake sebagai aplikasi terminal GNU/Linux. Guake dapat diatur untuk load otomatis saat booting, meski perlu pengaturan waktu agar tidak overlap dengan desktop (saya atur delay 15 detik dan masih cukup nyaman).

Penggunaannya juga cukup mudah. Saya hanya perlu menekan tombol F12 (default) untuk menampilkan terminal Guake, dan tombol F11 untuk membuatnya tampil full screen yang menurut saya jauh lebih nyaman dan keren :)

Anda yang tidak paham dengan apa yang saya tulis di atas tidak perlu khawatir karena sebenarnya itu cukup sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meng-install sistem operasi Linux di PC, laptop atau netbook. Silakan memilih distribusi (distro) mana yang ingin Anda coba. Baca dokumentasi resminya dan coba cari panduan instalasi melalui search engine. Setelah itu cobalah install Guake dan Newsbeuter (ini hanya contoh umum, masih ada aplikasi lain yang bisa Anda pilih).

Tapi kalau Anda keberatan dengan semua itu, dan ingin mencoba langsung script milik Martin, silakan saja. Toh script itu memang tidak mewajibkan Linux sebagai sistem operasi. Anda bisa menggunakan Microsoft Windows (tapi tolong kalau bisa jangan yang bajakan ya), Mac (kalau ini sepertinya saya belum menemukan versi bajakannya :P) atau RSS reader berbasis web.

Script tersebut dibuat Martin menggunakan fasilitas Google Drive yang dapat Anda salin menjadi script pribadi. Panduannya cukup singkat, hanya butuh mengetik beberapa karakter dan beberapa kali klik mouse. Petunjuk selengkapnya silakan mengakses tutorial tersebut.

Saya berharap tulisan ini bermanfaat untuk kawan-kawanku khususnya para jurnalis. Happy open source.

